Dosen Informatika Lolos Hibah Penelitian Dikti

Dosen Informatika Lolos Hibah Penelitian Dikti

Pekanbaru - Program Studi Teknik Informatika UMRI giat mendorong civitas akademika untuk melakukan penelitian. Sebanyak  6 proposal dari Program Studi Teknik Informatika UMRI lolos mendapatkan dana Hibah Proposal Penelitian Masyarakat oleh Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional pada tahun 2020. 6 dosen ini dinyatakan lolos setelah melalui rangkaian penilaian proposal yang diajukan.

Nama dan judul penelitian yang lolos adalah:

  1. Mitra Unik, S.Kom., M.Kom., dengan judul “Pengembangan Internet of Thing (IoT) and Automatics Control System pada Kandang Tetas Telur dengan Pendekatan Metode Human-Centered Design”.
  2. Febby Apri Wenando, S.Pd., M.Eng., dengan judul “Analisis Sentimen Masyarakat pada Pemerintah yang sedang Berjalan Terhadap PILPRES 2019 di Twitter Menggunakan Algoritma Naive Bayes”.
  3. Sunanto, S.Kom., M.Kom., dengan judul “Sistem Parikir Cerdas pada Universitas Muhammadiyah Riau Menggunakan Teknologi Biometrika dan Optical Character Recognition (OCR)”.
  4. Yoze Rizki, MT., dengan judul “Sistem Cerdas Pengenalan dan Klasifikasi Motif Tenun Melayu Riau Berbasis Citra Digital Menggunakan Metode Deep Learning: Faster R-CNN”.
  5. Reny Medikawati taufiq, S.Kom., M.T., dengan judul “Integrated Smart Traffic Control System Menuju Pekanbaru sebagai Smart City”.
  6. Desti Mualfah, M.Kom., CEH., CHFI., dengan judul “Forensik Metadata pada Rekaman CCTV Menggunakan Metode Pendekatan Model Ontologi”.

Tecatat terdapat peningkatan jumlah proposal yang lolos dibanding tahun sebelumnya. Bahkan dua dosen yang pernah lolos pada tahun 2019 kembali dinyatakan lolos tahun ini. Dengan peningkatan ini diharapkan dapat mendorong antusiasme Dosen Program Studi Teknik Informatika UMRI untuk lebih memiliki semangat penelitian, sehingga setiap tahun proposal yang disetujui semakin bertambah. Selain itu, diharapkan dengan adanya kemajuan ini dapat memotivasi Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika UMRI pun ikut berkarya dan semangat dalam melakukan penelitian. (olla)

Mitra Unik, S.Kom., M.Kom

KAPRODI TEKNIK INFORMATIKA