Pembekalan Kegiatan Kerja Praktek di Masa Pandemi

Pembekalan Kegiatan Kerja Praktek di Masa Pandemi

Rabu, 14 Oktober 2020 | Dalam rangka konsistensi penyelenggaran kegiatan akademik dimasa pandemi, program studi Teknik Informatika – Universitas Muhammadiyah Riau mengadakan kegiatan pembekalan Matakuliah Kerja Praktek khusunya kepada mahasiswa semester 5 (Angkatan 2017). Pembekalan yang bertajuk “Produktif di masa Pandemi” bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait tugas dan beberapa jenis KP (Kerja Praktek) yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dimasa pandemi Covid 19 dengan tetap memperhatikan terlaksananya protokol kesehatan. Terdapat beberapa perbedaan Mekanisme dan jenis KP dari tahun sebelumnya diantaranya yaitu mekanisme administrasi yang sudah seluruhnya terakomodasi dengan fasilitas daring serta adanya fleksibelitas jenis-jenis pelaksanaan KP.

Besarnya antusias mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembekalan yang dilaksanakan secara daring ini tergambar dari jumlah peserta yang hadir. Kegiatan dipimpin oleh Bapak Mitra Unik, S.Kom selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika, M.Kom dan Ibu Desti Mualifah M.Kom, CEH.,CHFI selaku koordinator KP dan Skripsi yang juga bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan ini.

Pemateri menjelaskan secara detail panduan Kerja praktek di masa pandemi serta beberapa jenis-jenis kp yang dapat dilaksanakan oleh mahasiswa.

Adapun beberapa point penting terkait jenis-jenis KP di masa pandemi yang disampaikan adalah:

1.  Kerja praktek : terkait usaha-usaha membantu penanganan dampak Covid-19 di lembaga/instansi pendidikan, kesehatan dan sosial

2.   Kerja praktek : berbasis proyek untuk mengembangkan kreativitas diri

3.   Kerja praktek : usaha-usaha peningkatan perekonomian UMKM yang berdampak Covid-19 berbasis teknologi

4.   Membuat dan mempublikasikan penelitian ke dalam jurnal ilmiah yang merupakan hasil dari studi literatur atau review jurnal dengan ketentuan tertentu.

5.   Membantu memberikan kontribusi dalam program kerja di tingkat Program Studi Fakultas maupun Universitas

Tidak hanya itu pemateri juga memberikan nasehat-nasehat yang bermanfaat mulai dari attitude, pengetahuan dan tips dalam melaksanakan KP. Dari tanggapan-tanggapan mahasiswa pasca pembekalan terlihat timbulnya semangat mahasiswa untuk pelaksanaan KP di tahun ini (2020).

“Selalu jaga kesehatan, mulai membiasakan diri dengan kebiasaan baru di masa pandemi. Stay safe dan jangan lupa pakai masker. Kurangi keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Semoga Covid-19 segera berakhir dan selamat berjuang untuk seluruh mahasiswa Teknik Informatika” (MJI 2020).

Mitra Unik, S.Kom., M.Kom

KAPRODI TEKNIK INFORMATIKA