SAMBA TIF 2020 (Sambut Mahasiswa Baru Teknik Informatika Tahun 2020)

SAMBA TIF 2020 (Sambut Mahasiswa Baru Teknik Informatika Tahun 2020)

Pekanbaru - Menjelang dimulainya Tahun Akademik 2020/2021 Prodi Teknik Informatika mengadakan kegiatan “Sambut Mahasiswa Baru Teknik Informatika 2020” pada Senin, 12 Oktober 2020. Karena kegiatan ini bertepatan dengan Masa Pandemi COVID-19 tentu pelaksanaanya dilakukan secara daring. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menyambut bergabungnya mahasiswa baru sekaligus memperkenalkan para dosen dan keorganisasian yang ada di prodi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Riau. 

Mahasiswa baru Teknik Informatika sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini terlihat dari jumlah peserta yang hadir. Kegiatan ini di moderatori oleh Via Adindita sebagai Mahasiswa TIF dilanjutkan pembacaan Ayat Suci Alquran oleh Ferry Mulyadi yang juga Mahasiswa TIF (Teknik Informatika). Acara selanjutnya yaitu kata sambutan dari Ketua Panitiaa oleh Dika Sitompul, lalu Sambutan dari Ketua HM-TIF saudara Andriyansyah. Dilanjutkan Kata Sambutan Oleh Bapak Febby Apri Wenando S.Pd.,M.Eng selaku Pembina Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UMRI lalu Kata Sambutan Oleh Bapak Harun Mukhtar S.Kom.,M.Kom selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer

Kegiatan ini pun memperkenalkan seluruh Dosen Teknik Informatika kepada mahasiswa baru. Karena pepatah mengatakan "Tak Kenal Maka Tak Sayang". Diharapkan kepada seluruh mahasiswa baru Teknik Informatika lebih mengenal para dosen TIF dan tidak canggung untuk bertanya mengenai suatu hal kepada dosen. Kemudian dilanjutkan Kata Sambutan sekaligus perkenalan Oleh Bapak Mitra Unik S.Kom, selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika. Dan Kaprodi TIF juga menjelaskan secara detail bagaimana cara pengisian KRS yang baik dan benar agar tidak terjadi . Karena pasti merasa canggung oleh mahasiswa baru mengisi KRS ini.

Agar para peserta lebih memahami situasi kampus UMRI panitia pelaksana juga menampilkan video kampus yang menunjukkan suasana dan lingkungan sekitar kampus serta letak geografis Kampus Universitas Muhammadiyah Riau. Kemudian dilanjutkan penampilan video HM-TIF, apasih HM-TIF itu? jadi HM-TIF adalah Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika merupakan organisasi intra kampus yang bergerak di dalam Prodi Teknik Informatika dan juga sebagai media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir, potensi, dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmu agar siap terjun ke masyarakat.

Setelah acara pengenalan tersebut berlanjut ke acara penyampain materi tentang "Etika dalam Perkuliahan" ini sangat penting untuk disampaikan kepada mahasiswa baru sebab etika dalam perkuliahan sangat berpengaruh. Etika dalam Perkuliahan ada 3 jenis yaitu : Etika Berkomunikasi, Etika di Dalam Kelas, dan Etika Berpakaian. 

"Jika ingin menanyakan sesuatu kepada Dosen jangan lupa untuk memperhatikan waktu lalu ucapkan salam terlebih dahulu, memperkenalkan diri kemudian sampaikan maksud dan tujuan kepada dosen dan ucapkan terimakasih setelah berinteraksi dengan dosen" ucap Pak Rahmad Firdaus 

"Sebuah harapan dan jalan selalu datang untuk mereka yang selalu senantiasa berdoa serta berjuang tanpa mengenal sebuah kata menyerah (MJI 2020)".

Mitra Unik, S.Kom., M.Kom

KAPRODI TEKNIK INFORMATIKA