• (0761) 35008
  • Pekanbaru, Riau

PROFIL LULUSAN

Program Studi Teknik Informatika Menetapkan peran yang dapat dilakukan oleh lulusan/Alumni nya baik dibidang keahlian atau bidang kerja tertentu.

Penetapan profil lulusan yaitu menetapkan peran yang dapat dilakukan oleh lulusan dibidang keahlian atau bidang kerja tertentu antara 1-3 tahun setelah menyelesaikan program studi.

Profil dapat ditetapkan atas hasil kajian:

  1. Kebutuhan pasar kerja oleh pemerintahan
  2. Dunia  usaha  maupun  industri, serta
  3. Kebutuhan  dalam  mengembangkan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi.
evel KualifikasiKata kunci Tingkat Kemampuan KerjaProgram
6Mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain,memanfaatkan IPTEKS,menyelesaikan masalah.Sarjana

Sumber: panduan penyusunancapaian pembelajaranlulusanprogram studi, Belmawa Ristekdikti 2014

Deskripsi kompetensi dari lulusan program sarjana sesuai dengan KKNI level 6 adalah sebagai berikut:

  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Kompetensi Lulusan Program Studi Teknik Informatika/Ilmu Komputer

Tabel A-1.  Kompetensi Lulusan Program Studi Teknik Informatika/Ilmu Komputer

Kompetensi UmumMemiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan cara kerja sistem komputer dan mampu merancang dan mengembangkan berbagai produk piranti berbasis digital.
Kompetensi IntiMampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna.Mempunyai pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.Memiliki kemampuan untuk mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware) dalam organisasi.
Kompetensi PilihanMampu mendesain, merancang maupun menganalisis bidang otomasi baik skala kecil maupun kontrol sistem dan perawatan serta pengembangannya, keamanan jaringan komputer,  Embedded Systems,  Digital Signal Processing, Computer Systems Engineering,dan lain-lainnya.

Unit Kemahasiswaan

PENERIMAAN MAHASISWA BARU TEKNIK INFORMATIKA